Ucap Rasa Syukur, Warga Desa Tumpeng Gelar Sedekah Bumi

M. Deni Purwadi Kepala Desa Tumpeng Kecamatan Candipuro - Lumajang 


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang - Sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta karena telah diberi kelimpahan hasil pertanian, warga DesaTumpeng Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang menggelar Sedekah Bumi, (Sabtu pagi  13/7/2024).

Tradisi yang dilaksanakan setiap 1 Tahun sekali itu diramaikan oleh ratusan masyarakat dan dihadiri oleh seluruh Forkopimcam Kecamatan Candipuro.
Menurut Muhamad Deni Purwadi selaku Kepala Desa Tumpeng, selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah atau sodaqoh berupa makanan.

"Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga merupakan wujud dalam pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, yang mana kata orang-orang terdahulu sedekah bumi dapat menolak bencana (balak) atau menjauhkan dari musibah karena Sedekah Bumi sama dengan memberi sodaqoh" Ucap Kades Deni di sela-sela acara.
   

"Sedekah Desa atau Sedekah Bumi adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturahmi antar warga desa, juga menciptakan keeratan warga desa dalam membangun Pemerintah Desa yang unggul. Untuk itu, saya minta kepada semua warga untuk terus mempertahankan tradisi ini," pungkas Deni Purwadi Orang nomor di Desa Tumpeng 

Acara tradisi ini, Sengaja dibarengkan dengan rangkaian Loemajang Mbiyen, yang digelar di wilayah Kecamatan Candipuro dengan lebel 'Seminggu Ning Candipuro. (H) 



Reactions