Ketua Dewan Ajak Masyarakat Berpolitik Cerdas, Elegan dan Santun dalam Pemilukada 2024

Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Eko Adis Prayoga 


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang – Memasuki tahun-tahun politik kondisi masyarakat di bawah kerap tidak kondusif. Baik karena perbedaan pilihan maupun fanatisme terhadap pandangan politiknya. Seperti yang terjadi kemarin, Senin (10-6-2024) dini hari,  Didesa Krasak kecamatan Kedungjajang Disalah satu rumah warga yang disinyalir milik tim sukses salah satu Bacabup (Bakal Calon Bupati) diteror. 

Ketua DPRD Lumajang Eko Adis Prayoga menyikapi hal tersebut,  apapun latar belakang teror tersebut sudah mencederai Pemilukada yang akan digelar tahun ini, Mungkin semua berpikiran bahwa itu bagian dari dinamika politik yang berkembang.

'Politik cerdas, elegan dan santun adalah kunci untuk mewujudkan Pemilukada  yang berkualitas dan bermartabat. Harus dihindari politik yang kotor, penuh hoaks, dan ujaran kebencian," Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Eko Adis Prayoga diruang kerjanya, Rabo (12 juni 2024) saat selesai sidang Paripurna pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Lumajang TA 2023 .

Masih kata Eko Adis : hak politik masyarakat sudah dijamin oleh undang-undang. Masyarakat harus cerdas dalam menyikapi semua peristiwa politik. Apalagi, menjelang Pemilukada 2024.

Dia menyampaikan, pemilih yang cerdas, elegan dan santun akan selalu mempertimbangkan berbagai aspek. Terutama, latar belakang dan perjalanan hidupnya di masyarakat.

Sebab, memilih pemimpin itu bukan main-main dan tidak untuk waktu sehari. Namun, lima tahun ke depan.

”Intinya, kita harap masyarakat menjadi pemilih cerdas, elegan dan santun Agar politik dan demokrasi serta jalannya pemerintahan sesuai dengan keinginan masyarakat,” tutur Ketua DPRD Lumajang yang pendiam dan gak banyak omong. 

Dia menegaskan, pemilih cerdas,elegan dan santun tidak asal memilih. Apalagi, berdasar kepentingan yang tidak baik. Independensi pikiran dalam proses memilih itu sangat penting sehingga tidak bisa terpengaruh oleh orang lain.

”Pilih sesuai dengan hati nurani. Pilih pemimpin yang pro terhadap kepentingan rakyat, dan bukan kepentingan pribadi,” jelasnya.

Selain itu, Eko Adis mengajak masyarakat Kabupaten Lumajang untuk bersama-sama menciptakan kondusivitas selama Pemilukada 2024 nanti. Tidak saling mencaci, menyebar fitnah, dan isu-isu sensitif lainnya.


Dia tidak ingin masyarakat menjadi korban dari proses politik yang tidak sesuai dengan cita-cita kebangsaan.

”Dan, yang paling penting adalah bahwa kita punya kewajiban menjaga Kabupaten Lumajang sebagai daerah yang baik, kondusif, dan pemilukada nanti berjalan aman,  nyaman dan sukses. Itu harapan kita bersama,” tutup Ketua Dewan dengan mimik yang penuh arti dan serius. (H)

Reactions