Dam Gambiran Segera Diperbaiki, Irigasi untuk Tiga Desa Akan Dipulihkan

Dam Gambiran 


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang -- Jebolnya Dam Gambiran yang mengakibatkan tersendatnya irigasi sawah di tiga desa, yaitu Desa Blukon, Boreng, dan Kelurahan Rogotrunan, akan segera ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Provinsi Jawa Timur.

"Dam Gambiran akan segera diperbaiki. Tanggul yang bocor sekarang dalam proses lelang kontruksi, dan kami berharap bisa cepat tertangani," ungkap Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) saat meninjau proses normalisasi Kali Asem di Jembatan Jagalan Kelurahan Rogotrunan, Selasa (28/5/2024).

Menurut Yuyun, jebolnya dam tersebut telah menyebabkan aliran irigasi ke sawah-sawah di Desa Blukon, Boreng, dan Kelurahan Rogotrunan terganggu, sehingga area pertanian di wilayah tersebut tidak teraliri air.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Lumajang sebelumnya telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah irigasi, termasuk memasang pipa yang memanfaatkan elevasi ke saluran irigasi yang mengarah ke Desa Blukon dan Boreng.

"Kami akan terus melakukan upaya perbaikan dengan bantuan dari Pemerintah Provinsi. Pj. Gubernur dan Kepala Dinas PU SDA sudah setuju, dan saat ini sedang dalam proses lelang. Mudah-mudahan perbaikan bisa segera selesai, sehingga irigasi persawahan masyarakat bisa kembali normal," terang dia.

Ia menambahkan, bahwa proses perbaikan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini diharapkan dapat memulihkan kembali aliran air ke sawah-sawah warga, yang sangat bergantung pada irigasi dari Dam Gambiran. Perbaikan tersebut tidak hanya akan membantu memulihkan produktivitas pertanian tetapi juga mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut.

“Dengan adanya perbaikan ini, Pemerintah Kabupaten Lumajang menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani yang terdampak,” imbuhnya. (H) 
Reactions