Pj. Bupati Lumajang Ajak Masyarakat Hadir di Momen Harjalu ke-768

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) Lepas Talkshow di Radio Semeru:
Menghimbau dan mengajak. Ayo  masyarakat Lumajang hadir di Puncak Hari Jadi Lumajang ke 768 TA 


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang -- Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni mengajak seluruh masyarakat Lumajang untuk berpartisipasi dalam acara Prosesi Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke 768 yang akan digelar di Alun-alun Utara Lumajang, Jumat (15/12/2023) besok.

"Ayo seluruh warga Lumajang, saya mengajak saudara-saudara, dulur-dulur semua untuk hadir dalam kegiatan Prosesi Harjalu dan Lumajang Carnival, ada tumpengannya juga," ujarnya saat melaksanakan Talkshow di Radio Semeru Lumajang, Kamis (14/12/2023)

Diketahui, puncak perayaan Harjalu akan digelar secara meriah mulai pukul 07.00 WIB. Kegiatan akan dimulai dengan rangkaian prosesi di Pendopo Arya Wiraraja, yang diisi dengan teatrikal penobatan raja Lumajang.

Selanjutnya, kegiatan bergeser di Alun-alun Utara dengan prosesi Harjalu. Acara kemudian dilanjutkan dengan Lumajang Carnival dan pagelaran kesenian khas Lumajang yang dikemas secara Midley.

Pj. Bupati Lumajang pun berharap masyarakat bisa berpartisipasi dalam semua kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka prosesi Harjalu. Dalam akhir rangkaian kegiatan, dilaksanakan Grebeg Gunungan dan Kembul Bujono.

Rangkaian kegiatan Prosesi Harjalu tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu, hanya ada perubahan sedikit yang menuju pada perbaikan, juga menyesuaikan dengan saran para budayawan, agar prosesi Harjalu lebih terkesan lebih original.

"Tidak jauh beda dengan tahun kemarin, cuman ada sedkit perubahan dan perbaikan yang kita lakukan, itu karena ada masukkan dan saran dari para budayawan. Ini kita lakukan agar prosesi ini nampak seperti dulu di jaman kerajaan Lamajang, agar khasanah ini lebih membumikan Lumajang," pungkasnya. (H)
Reactions