Wisata Alam Kali Sejuk Purwosono Yang Menyejukkan

Kades purwosono Hendrik saat beradu akting dengan Penyanyi KDI 

RAYA PUBLIK. COM
Lumajang -- Seluruh Masyarakat Lumajang tentu sudah banyak yang mengenal tentang Kali Sejuk, wisata alam pedesaan yang asri dan alami itu. Suasana Kali Sejuk ini disamping udaranya sejuk menyejukkan, disekelilingnya ditumbuhi pepohonan bambu yang tumbuh rindang menjuntai. 

Di wisata alam Kali Sejuk ini sudah tersedia fasilitas warung atau cafe dengan konsep sederhana tapi luar biasa. Sejumlah warung makan dan jajanan milik para warga Desa Purwosono yang berjualan aneka makanan dan minuman. Letaknya berada di sepanjang sisi sungai, bahkan terdapat spot nongkrong yang sengaja ditempatkan tepat diatas aliran sungai.

Selain pesona alam nan alami ini, yang senantiasa memanjakan mata pengunjungnya, Para pengunjung juga bisa menikmati sajian aneka akuliner yang ditawarkan disana.

Dengan Konsep “The Power Of Purwosono” Hendrik Dwi Martono SE, Kepala Desa yang Flamboyan ini menceritakan : konsep awal pembangunan wisata Kali sejuk dengan Icon ALAM DESA INDONESIA dengan arti kata yang penuh makna 'Kali Sejuk, ialah "Karena Lillahi Ta'ala Semoga Jadi Unggulan dan Kebahagiaan".

"Karena Lillahi Ta'ala , Tekun dan kerja keras serta rasa memiliki yang kuat, Renovasi dan perbaikan disegala aspek menjadikan wajah Kali sejuk lebih Asri dan alami tetap konsep wajah pedesaan masih kental terlihat. Dengan ditopang pengelolah Pokmas desa Purwosono secara Swadaya menjadikan kearifan lokal Kali Sejuh tetap bertahan. yang pasti sudah berhasil dan masyarakat desa purwosono merasakannya hal itu sehingga Desa Purwosono menjadi Desa Mandiri," kata Kepala Desa yang Flamboyan itu. 

Masih menurut Hendrik , Kali Sejuk Selain mengembangkan UMKM juga mengembangkan Wahana untuk anak yaitu kolam renang yang di lengkapi prosotan, ruang tunggu yang aman dan nyaman bikin buah hati betah dan kerasan.Memang !kemarin kita break selama 6 sampai 7 bulan karena renovasi.  

"Kita benahi semua seluruh fasilitas yang ada di Kali sejuk semata mata untuk kenyamanan wisatawan atau pengunjung yang datang, buktinya hari ini, Sabtu (1/7/2023) kita buka kembali, ini yang perdana dengan tampilan dan wajah Kali Sejuk yang baru, langsung membludak diserbu pengunjung. Pengunjung yang datang disamping warga Purwosono, warga sebelah dan sekitaran Kabupaten Lumajang juga datang berkunjung ke wisata alam pedesaan Kali Sejuk Nan asri alami ini. Melihat membludaknya pengunjung dengan sendirinya UMKM Desa Purwosono bisa meningkat,"ujar Hendrik dengan bangga dan bahagia. 

Sang Konseptor Desa Purwosono, Hendrik , membenarkan bahwa saat ini Kali sejuk mempunyai tampilan baru, wajah baru dengan inovasi baru juga. Tidak saya pungkiri, Memang ! dulu kolam renang kami dipagari bambu keliling, ya hanya dengan pengaman bambu saja. yang mana bentuk dan tampilan mengelus dada, tapi sekarang, bisa dilihat tampilan baru Kali Sejuk.itupun tak lepas dari peran serta masyarakat secara bersama sama, untuk pengelolah wisata alam kali sejuk 
 

“Ya ini tampilan baru, wajah baru sejak dulu sudah ada kolam renang. tapi pagar pengamannya masih bambu. Seiring perjalanan waktu dengan semangat yang tinggi dan niat yang tulus.Kita bersama Masyarakat bekerja sama merenovasi kali sejuk ini.Inilah hasilnya, yang kita lihat sekarang ini. Untuk Pengelolah wisata alam Kali sejuk kita pasrahkan ke Pokmas. Pokmas yang mengelolahnya karena sebagian besar dari swadaya masyarakat. Untuk Pemerintahan Desa sendiri membangun sarana penunjang jalan," tutup Hendrik sang Konseptor desa Purwosono.(H) 

Reactions