Dinas PUTR Lumajang Gelar Sosialaisasi Permen PUPR 1/2023

Ir Agus Siswanto S.ST.,M.Si, Plt kepala dinas PUTR Lumajang beserta Dr. Ir, Gentur Prihantono , SP.,SH.,MT.,MH.,IPU pemateri dalam kegiatan sosialisasi permen PUTR 




RAYA PUBLIK. COM
Lumajang – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lumajang Gelar rapat koordinasi lintas sektoral Dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Permen) nomor 1 tahun 2023 tentang Pedoman Pengawasan Penyelenggaraan Jasa Kontruksi yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Serta mengefektifkan dan mengoptimalkan pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi secara terpadu dan terkoordinasi.

Kegiatan sosialisasi kali ini menghadirkan pembicara dari Ketua Persatuan Insinyur Indonesia
Dr. Ir, Gentur Prihantono , SP.,SH.,MT.,MH.,IPU. bertempat di Aula Hotel Gajah Mada, rabo ( 14/6/2023)

Turut hadir dalam acara tersebut Plt Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lumajang Ir Agus Siswanto S.ST.,M.Si,  Anggota Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten Lumajang , yang terdiri dari Dinas Teknis yang ada pekerjaan konstruksi di SKPD, Kepala Bidang dan PPTK lingkup Dinas PUPR Kabupaten Lumajang , dan Penyedia Jasa Konstruksi dari Asosiasi Jasa Konstruksi se Kabuapaten Lumajang. 

Dalam Sambutanya Dr. Ir, Gentur Prihantono mengatakan, sosialisai ini merupakan perwujudan dari komitmen bersama dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan jasa kontruksi di Kabupaten Lumajang , dan juga  penyampaian terkait Permen PUTR nomor 1/2023 serta penguatan Masyarakat jasa kontruksi.

“Saya disini untuk menyampaikan permen PUTR yang baru untuk di sosialisasikan ke PUTR sendiri dan masyarakat jasa kontruksi di Kabupaten Lumajang, ini hanya penguatan saja yang sudah ada di kuatkan supaya melindungi jasa kontruksi. Jasa kontruksi itu Pekerja itu sendiri tapi harus yang berkualitas punya jiwa yang penuh semangat, Dedikasiya yang tinggi, (SDM) Sumber Daya Manusia nya harus Profesional dan Kompetensi, serta Badan Usaha masih hidup," jelas Gentur ketua Insiyur.

Masih menurut Gentur,  Hal 
Untuk pedoman pengawasan itu sendiri sudah di jelaskan saat menjadi pemateri, dirinya juga menyampaikan pedoman pengawasan yang meliputi badan usaha harus lengkap, pengawasan terhadap kualitas material, peralatan harus memenuhi sarat bagus, serta Sumberdaya manusia juga harus bersertifikat, metologinya juga harus di awasi secara mutlak.

Gentur juga mengatakan bangunan yang di pakai atau di manfaatkan oleh masyarakat harus terjaga mutu, kualitas dan kuantitasnya serta memuaskan keseluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu, Ir Agus Siswanto S.ST., M.Si., mengatakan sosialisasi bimbingan teknis di harapkan bagi jasa kontruksi, kontraktor, maupun konsultan mempunyai pengetahuan yang meningkat sehingga tidak menjadi tamu pada daerah sendiri.

“Ini sosialisasi pelatihan dan bimbingan teknis, kami berharap temen temen jasa kontruksi, baik kontruksi maupun kontraktor, konsultan maupun owner dinas itu mempunyai pengetahuan yang meningkat, sehingga kita tidak menjadi tamu di daerah sendiri” ungkapnya


“Kami berharap dengan adanya ini pemenang – pemenang lelang itu nantinya bukan hanya dari kabupaten lain, jadi kami berharap untuk teman teman yang ada di kabupaten lumajang itu bisa memenangkan lelang karena sekarang ini tidak boleh membatasi syarat itu kontraktor dari Lumajang, sehingga mau gak mau yang bisa kita laksanakan kami sebagai jasa kontruksi yaitu menaikkan kualitas dari teman – teman jasa kontruksi," tutupnya.

Masih kata orang nomor satu di Dinas PUTR Kabupaten Lumajang, Dengan telah diundangkannya Permen PUPR No. 1 Tahun 2023, diharapkan pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi oleh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota dapat terlaksana secara terpadu dan terkoordinasi secara optimal. (H) 
Reactions