Bumikan Pancasila, Kau Slalu Ada Di Jiwaku, Merajut Keragaman Jadi Keindahan. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

.


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang -- Kebaikan masa depan bangsa adalah ketika jiwa-jiwa pengkhianatan terhadap Pancasila terkikis habis. Di tengah rongrongan kelompok tertentu terhadap ideologi Pancasila, Peringatan Lahirnya Pancasila, 1 Juni adalah momentum untuk mengembalikan spirit kebangsaan dan kenegaraan berdasarkan Pancasila.Refleksikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan untuk Indonesia yang lebih baik. Mari amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari. Memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat. Cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila.

"Sejatinya memang bukan hanya sekadar menghafalkan kelima sila yang ada dalam Pancasila. Negara tercinta ini tidak hanya membutuh itu saja.

Ayolah kawan ingat betapa sulitnya perjuangan para pahlawan yang telah gugur hanya untuk kehidupan kita yang begitu nyaman ini.

Tugas kita kali ini adalah harus dapat menerapkan semua nilai yang terkandung pada setiap sila yang ada sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa.”

Seringkali aku bertanya, bagaimana jadinya negara Indonesia tercinta ini tanpa kehadiran dari Pancasila.

Ya mungkin saja, tanpa dasar negara kita tak akan pernah merasakan kenyamanan seperti saat ini. Bukan sekadar untuk kita hafalkan begitu saja lima sila yang terkandung di dalamnya. tapi kita harus berani berbuat untuk negeri ini. 

Aku selalu bangga berada di sini,  sebuah negara yang telah berhasil melahirkan bangsa dengan keanekaragaman yang mungkin tidak akan ditemukan pada negara lain. Darinya lahirlah kami, ya kami Indonesia. Dan kami pula Pancasila
Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai pancasila hanya menjadi legenda semata.

Semangat Pancasila adalah semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

" Beda Agama, beda Bahasa, beda Warna Kulit, Tapi satu dalam Jiwa Indonesia Yaitu "Pancasila".
Pancasila bukan agama, tidak betentangan dengan agama dan tidak digunakan untuk menggantikan kedudukan agama. 

"Pancasila dan Agama adalah hal yang dapat sejalan dan saling menunjang. Keduanya tidak bertentangan dan jangan dipertentangkan. Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat. 

 Agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak bersebrangan. Nasionalisme adalah bagian dari agama dan kedudukannya saling menguatkan. 

Hari Lahir Pancasila. Sebuah hari dimana ideologi mampu menyatukan keanekaragaman bangsa menjadi satu dan saling bersatu dalam satu kesatuan. Ya kesatuan Indonesia. Dimana bangsa ini layak untuk selalu dihormati oleh dunia.Dan juga,  Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara Indonesia, harus ditaati, harus diamalkan, harus tetap dipertahankan, dan harus dijaga kelestariannya. 

 Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, untuk Indonesia yang lebih baik. Semoga kita senantiasa mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jangan hanya hafal Pancasila, terapkan juga nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari ya! . Tangguhkan semangat kebhinnekaan. Jaga kesatuan dan persatuan NKRI. 

"Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan,saling menghargai dan menghormati, junjung tinggi asas persatuan dan kesatuan.  Lewat Pancasila, kita yang terdiri berbagai suku, budaya, bahasa dan agama dapat bersatu dalam satu atap, Indonesia.

Pancasila itu ideeologi bangsa dan negara. Ideologi semua untuk semua, bukan golongan tertentu saja. Ideologi kita yang satu dan mempersatukan kita yang berbeda-beda. Kita boleh berbeda pendapat, namun untuk kepentingan bangsa kita tetap dan harus bersatu!!! 

Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan.Pancasila merajut keragaman jadi keindahan. Pancasila itu menyatukan. 

Yang menjadi PR kita sebagai sebuah bangsa bagaimana nilai-nilai pancasila  yg dahsyat itu  menjadi perilaku individu maupun bangsa dalam kehidupan sehari hari kita.

Pancasila adalah Falsafah Kehidupan di Indonesia. Mari kita mengimplementasikan nyata nilai-nilai Pancasila.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Semoga Pancasila selalu merajut keragaman jadi keindahan.

 Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita 

Mari jadikan Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. "Dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, kita dimampukan untuk semakin membumikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Reactions