Pererat Silaturahmi, PGRI Lumajang Gelar Halal Bi Halal Tahun 2023

Para pengurus PGRI Kabupaten Lumajang
  

RAYA PUBLIK. COM
Lumajang — Memanfaatkan momentum lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah , Keluarga Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Lumajang menggelar acara Halal Bi Halal mempererat Silaturahmi bersama seluruh anggota PGRI dan para guru sekabupaten Lumajang diselenggarakan di Gedung Guru Rabu ( 10/5/2023 ).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Drs.H. Agus Salim,  M.Pd, Sekdis pendidikan Saiful Bahri. Ketua beserta Pengurus + Anggota PGRI dan seluruh para guru.

Pendidikan dan guru adalah komponen sangat penting dalam mewujudkan kemajuan sebuah bangsa. Terkait dengan hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang. Drs.H. Agus Salim, M.Pd mengajak kita semua meningkatkan mutu pendidikan. Peran guru sebagai agen perubahan harus diwujudkan, dan kualitas guru dari masa ke masa harus terus ditingkatkan. 

"Karena itu gurunya harus professional, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Dalam mendidik harus benar-benar menjadi tauladan yang baik, kembangkan metode pendidikan yang baik dan menarik agar proses pendidikan berjalan optimal untuk menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berkarakter”, jelas Agus Salim.

Demikian diungkapkan  saat hadir dalam acara Halal Bihalal Keluarga Besar PGRI Kabupaten Lumajang. Agus Salim berharap mutu pendidikan di Kabupaten Lumajang terus meningkat dan merata di semua sekolah.

Masih Dalam sambutannya Kepala dinas pendidikan Drs.Agus Salim, mengungkapkan bahwa kegiatan Halal Bihalal 1444 Hijriyah ini banyak sekali manfaatnya yang dirasakan oleh segenap guru dan karyawan dalam pola pikirnya berubah menjadi positif.

Beliau menyampaikan bahwa, “sosok guru atau seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting, karena selain mengajar sosok pendidik itu juga merupakan tauladan yang akan menjadi panutan bagi anak didiknya.  siswa dengan mudah merekam dan meniru setiap perkataan-perkataan dan pola bahasa yang diucapkan sehari-hari oleh sang pendidik,” katanya.

Suasana belajar yang menyenangkan dan siswa memahami pelajaran dengan maksimal, merupakan tolak ukur efektifitas dalam kegiatan belajar mengajar. Kompetensi dan komunikasi sang pendidik adalah salah satu penentu terciptanya pengajaran yang efektif di kelas.

“Dalam hal ini gurulah yang menjadi aktor utama membangun mutu sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas, disamping beberapa faktor lainnya,“ ujar orang nomor satu di Dinas Pendidikan Lumajang ini.

Agus Salim, M.Pd mengingatkan bahwa secanggih apapun sebuah kurikulum, visi dan misi serta kekuatan finansial tetapi sepanjang gurunya pasif dan stagnan, maka kualitas lembaga pendidikan akan merosot tajam, demikian pula sebaliknya.

Sementara dalam sambutannya, Ketua  PGRI Kabupaten Lumajang Kisnanto S. Pd,  M.Pd juga menegaskan, bahwa melalui Halal Bihalal ini diharapkan akan mampu membangun silaturahmi jajaran PGRI, untuk saling mengisi dan memperkuat organisasi dalam memperjuangkan mutu pendidikan, meningkatkan kesejahtaraan para Guru sehinga guru lebih professional dalam menjalankan tugasnya.

"Semoga dengan kegiatan ini kita bersama bisa menyatukan visi agar pendidikan Kabupaten Lumajang lebih maju dan semakin baik lagi kedepannya, tentunya dengan mutu dan kualitas para pengajarnya,” ujar Kisnanto.

Dalam kegiatan halal bihalal tersebut juga diisi siraman rohani ceramah keagamaan oleh KH ABU Hasanudin Al Hafid dari Pondok Pesantren Ibnu Kasir Jember. (H) 
Reactions