F-Jinlu Peringati HPN 2023 Penuh Kebersamaan dan Sederhana

 
RAYA PUBLIK. COM
Lumajang -- Momen indah dan terindah tatkala kebersamaan dan berkumpul terlaksana, Kebersamaan itu terbingkai dalam Peringatan Hari Pers 2023 berlangsung sederhana di Kantor Sekretariat F-Jinlu, Kamis (9/2/2023. Dalam acara ini sejumlah jurnalis berkumpul  membangun kebersamaan mempererat tali persahabatan antar kelompok media. 

Dalam kesempatan tersebut komunitas Forum Jurnalis Independen Nasional Lumajang (F-Jinlu) berkomitmen menjaga marwah jurnalisme di tengah serbuan buzzer.



Salah Satu Tokoh yang di tuakan Didalam F-JIN - Lu serta sudah kenyang makan asam garam organisasi dan perpolitikan di bumi Arya Wiraraja Masduki atau nama bekenya Mr G.menyampaikan bahwa komunitas ini menyadari jika kemunculan media sosial telah merombak sistem komunikasi publik yang semula satu arah menjadi lebih interaktif. 

"Tentunya kita menyadari, bisa saja media sosial dimanfaatkan untuk memuluskan agenda lain. Salah satunya dengan menggiring opini publik dengan menggunakan jasa buzzer," ucap Mr G dalam sambutannya.

Dia menjelaskan bagaimana praktik buzzer yang dapat mempengaruhi opini publik. Menurut dirinya, perbedaan antara buzzer dengan para pelaku media sosial lain dapat dilihat dari tujuannya.

"Misal, kalau tujuan pesannya untuk menyebarkan keraguan, tipu daya, dan menutup kritik itu jelas merupakan propagandis. Namun kecenderungan masyarakat lebih sering menyebutnya sebagai buzzer ketimbang propagandis," ungkap Mr G. 


Oleh karenanya ia mengajak seluruh anggotanya yang ada di F-Jinlu untuk tetap menjaga prinsip jurnalisme yang sudah ditegakkan.

"Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada teman teman F-Jinlu dan juga sahabat media yang sempat hadir dalam penyelenggaraan HPN 2023 dengan tema: Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat, meskipun dalam gelaran yang sangat sederhana sekali," paparnya kemudian.


 "Pikiran dan hati yang menyatu. Itu lah gambaran kinerja para jurnalistik demi menyebarkan wawasan dan pelita bagi seluruh masyarakat. 

"Menulis dan berkabar mengenai informasi aktual. Jasamu memang terdengar biasa, namun manfaatnya begitu luar biasa. Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2023! Semoga Semoga!!!? 

Reactions