Mengusung Tema " Duwe Gawe " Labruk Lor Launching Desa Berdaya

Kepala Desa Labruk Lor H. Abdullah saat melaunching Desa Berdaya 


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang -- Desa berdaya merupakan suatu program pembangunan masyarakat desa yang memenuhi kriteria untuk menjadi sebuah desa yang mandiri dan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dengan mengembangkan potensi dan mengoptimalkan aset yang dimiliki desa. 

Syarat mendapatkan BKK ( Bantuan Keuangan Khusus ) adalah desa yang sudah berstatus mandiri.  Program ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi dan mengembangkan ikon desa hingga dapat menguatkan Branding Desa dan menggerakkan perekonomian desa.

Dari Desa, Kita Berdaya!
Desa Berdaya akan menjadi mitra strategis bagi desa dalam upaya mengembangkan potensi terbaik desa dan mengoptimalkan aset-aset desa yang dijalankan secara modern, strategis dan sistematis, agar masyarakat desa lebih berdaya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan sosial.

Salah Satu desa di Kabupaten Lumajang yang mendapatkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Program Desa Berdaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah Desa Labruk Lor dan sekaligus di Launching "Desa Berdaya Labruk Lor" Bertempat di Kantor Desa Labruk Lor Jln pabrik Es Laban No 09 pada hari Sabtu (17 Desember 2022).

Menurut Kepala Desa Labruk Lor H. Abdullah mengatakan bahwa TIGA Desa di Kabupaten Lumajang Mendapatkan Bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur ( Pemprov Jatim) dalam wujud Program Desa Berdaya.    

"Dalam program Desa Berdaya ini, Desa diberi kesempatan untuk melakukan launching atas sebuah product tersebut. Pemerintah Desa Labruk Lor melalui Tim Kerja Desa Berdaya menyelenggarakan acara launching peningkatan UMKM," kata orang Nomor satu di Desa Labruk Lor. 

H. Abdullah juga menuturkan bahwa, program desa berdaya ini akan menjadi secercah harapan bagi masyarakat Desa Labruk Lor.

“Desa Berdaya ini bertujuan untuk membuka peluang UMKM, seperti ada kegiatan berjualan kemudian akan banyak masyarakat yang membeli, sehingga perputaran uang dari masyarakat kembali ke masyarakat lagi," tuturnya, pada media ini, 

H.Abdullah menambahkan bahwa intinya acara ini agar masyarakat Desa Labruk Lor dapat mengembangkan usahanya, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan daya beli. Dengan demikian ada secercah harapan bagi UMKM di Desa Labruk Lor dapat tumbuh dan berkembang

Dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Lumajang, Camat Kota, Kapolsek Kota, Koramil Kota , TP PKK Kecamatan Kota  TP PKK Desa Labruk Lor, Seluruh Perangkat Desa, BPD, LKMD, Tomas dan Toga serta Para Undangan. 

Ditempat yang sama Ketua Panitia sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Desa Labruk Lor, Nuki Rafsanjani sa'at di temui Media Raya Publik. Com mengatakan bahwa, Untuk mendukung acara launching Desa Berdaya ini, Tim Kerja Desa Berdaya Labruk Lor mengadakan kegiatan yang diawal acara atau dengan Tema Desa Labruk Lor 'Duwe Gawe'.

Launching Desa Berdaya ini sekaligus memperingati hari jadi Lumajang (Harjalu) ke 767 dengan menggelar berbagai rangkaian kegiatan. 

"Dalam acara launching diadakan pula pesta kuliner berupa bazar yang diikuti Ibu ibu PKK dan UMKM Desa Labruk Lor . Selain itu ada festival lomba Nasi Tumpeng , festival lomba olahan kates.Dan pada hari minggunya senam bersama. Untuk hari Senin-Selasa natinya juga ada sepak bola antar RW," kata ketua panitia.

Ia menambahkan hari Kamisnya ada acara Albanjari se Kecamatan Lumajang. Hari jum'at ada pawai budaya atau karnaval. Sedang penutupan dilaksanakan pada hari senin siang dengan ditampilkan gelaran Orkes Renata," pungkas Nuki. (H) 
Reactions