Gerak Cepat TAGANA Lumajang, Buka Posko Dapur Umum di Desa Ranupane - Senduro

Suasana dapur umum di desa ranupane


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang - Gerak cepat dilakukan taruna siaga bencana kabupaten Lumajang, setelah mengetahui di kawasan wisata desa ranupani terjadi tanah longsor, Senin (10/10/2022).

Mokhamad Eko Santoso selaku koordinator Tagana Lumajang menyampaikan bahwa kondisi wilayah di beberapa kecamatan di kabupaten Lumajang intensitas hujan sangat tinggi, terutama di kawasan kecamatan Senduro.

Dalam pengamatannya di dua desa yaitu desa Argosari dan desa ranupni telah terjadi langsor tanah akibat hujan yang terjadi pada Jum,at malam, sehingga ada beberapa titik Longsoran menutupi hujan bahkan ada beberapa dapur rusak.


Untuk itu Tagana Lumajang sesuai dengan SOP, bahwa 1 jam setelah terjadi bencana harus hadir di lokasi bencana untuk lakukan assessment dan hari Sabtu tanggal 9 Oktober 2022. Setelah berkoordinasi dengan dinas sosial Lumajang Tagana Lumajang untuk membuka layanan dapur umum di desa Ranupani kecamatan Senduro.


Dari data yang diterima ada sekitara 11 KK warga yang terdampak terutama dikampung besaran RT 2 RW 1 dengan kondisi dapur rusak, sedangkan data jumlah pengungsi sekitar 24 KK. 

" Tagana lumajang lakukan pelayanan dapur umum mulai didistribusikan pada pagi hari untuk para petugas dari TNI, Polisi, BPBD, Perangkat Desa, Kecamatan Senduro, relawan dan beberapa pengungsi yang tersebar di beberapa titik," tuturnya.

Beliau menyampaikan pengungsi ada di beberapa titik meliputi  rumah pak Holik sekitar 9 KK, Paud ( Rima ) ada 2 KK,  Atip ( 4 RW 1) ada 3 KK dan rumah Bu Rohmi, dengan total sekitar 24 KK Sekitar 40 an, sedangkan balita yang terdata 9 Jiwa.

" Alhamdulillah beberapa titik kumpul warga desa ranupani juga lakukan dapur umum mandiri, sehingga Tagana Lumajang bisa berkerja sama dan berkoordinasi," tindasnya.

Pelayanan dapur umum Tagana Lumajang bergeser pada hari minggu malam, dikarena warga sudah lakukan koordinasi dengan membuka dapur umum mandiri.


Buang selaku ketua RT 4 RW 1 menyampaikan kebutuhan yang mendesak selimut, terpal, alat dapur.kasur dan logistik seperti beras, minyak goreng untuk masak dapur umum mandiri.

" Saya mengucapkan rasa terima kasih kepada kementerian sosial, Tagana dan dinas sosial atas bantuan yang diterima seperti kasur, selimut, makanan siap saji, makanan anak, bantuan beras dan sayuran untuk beberapa KK yang sementara tinggal di rumah saya, karena letak rumah lebih tinggi," katanya.

Untuk perkembangan kawasan di Ranupani sementara ini aksen jalan bisa normal karena bantuan alat berat bisa membantu dalam pembersihan tanah akibat longsor karena hujan beberapa hari yang lalu

" Terima kasih bapak bupati lumajang datang atas kedatangan di desa Ranupani dengan memberikan bantuan dan semangat warga agar terus sabar dan bisa kembali bekerja seperti biasanya," tindasnya.


Reactions