Petani Puas, Proyek Irigasi Rowogedang Rampung Dikerjakan



RAYA PUBLIK. COM
LUMAJANG - Progres pelaksanaan pembangunan Jaringan Irigasi D.I Rowogedang Desa Tumpeng Kecamatan Candipuro Lumajang, patut diacungi jempol. 

Pasalnya, pembangunan pada sub kegiatan  yang menggunakan dana DAK tersebut, melegakan warga pemilik lahan di daerah irigasi setempat.

Proyek saluran irigasi pengembangan sistem jaringan irigasi itu merupakan program pengelolaan sumber daya air dari Dinas PUTR Kabupaten Lumajang, dan dilaksanakan oleh CV Medio Jaya dengan konsultan pengawas CV Barusaka.

Terkait rampungnya pembangunan jaringan irigasi Rowogedang ini, petani berharap bisa meningkatkan pendapatan petani di masa panen.

Seperti diungkapkan Kaji Slamet (58) warga warga Desa Tumpeng sebagai pemilik sawah di daerah aliran terdekat. Ia menyebut, pengairan ini sangat bermanfaat sekali.

"Alkhamdulillah, Pembangunan Daerah Irigasi (DI) sudah selesai. Ini sangat melegakan sekali," kata kaji Slamet kepada Raya Publik, Rabu (7/9/2022).

Hal serupa dikatakan Supangat, Warga Desa Kloposawit, yang juga memiliki sawah di daerah aliran tersebut. Ia mengaku pembangunan saluran irigasi ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ya kesejahteraan  khususnya petani, tentu akan meningkat," urainya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) irigasi Hari Soedjoko Kepala Bidang Sumber Daya Air Melalui Kepala Seksi Bina Manfaat Sumber Daya Air, Djoko Hery P, ST. atau Nama Bekennya Joko Kemin, ketika dikonfirmasi mengatakan, saluran irigasi ini merupakan program pengelolaan sistem irigasi primer dan sekunder pada daerah irigasi yang luasnya 1.000 Ha dalam satu daerah Kabupaten/Kota.

Dengan pembangunan saluran itu, diharapkan meningkatkan kapasitas pertanian khususnya di daerah irigasi Rowogedang.

“Karena telah selesai maka diperlukan kemanfaatan Ini  akan menunjang ketahanan pangan, serta meningkatkan intensitas tanam pertanian," pungkas Joko Kemin (H)
Reactions