Gebyar Meriah Peringati HUT RI ke 77, Bermacam Kegiatan di Pertontonkan Desa Petahunan

Sumarli Kades Petahunan Berbaur sama Ibu ibu & Balita


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang  - Gebyar Meriah menyambut dan memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke - 77 ditahun ini, kemeriahan dan wujud syukur mulai terasa disemua desa yang ada di Kabupaten Lumajang - Jawa Timur, mulai dari digelarnya berbagai lomba tradisional hingga tasyakuran dengan menggelar pengajian bahkan juga soal kesehatan.

Seperti halnya Desa Petahunan Kecamatan Sumbersuko - Lumajang, dalam rangka memperingati HUT RI Ke 77 menggelar berbagai macam kegiatan dan perlombaan, diantaranya tenis meja, futsal, sodok kelereng dan paku botol, tarik tambang wanita, nyunggi tempeh, makan krupuk dan pukul air, balap karung , serta lansia dan balita.


Ditemui saat menggelar acara kesehatan Lansia dan balita dalam rangkaian HUT RI Ke 77, Kepala Desa (Kades) Petahunan, Sumarli menyampaikan bahwa selain memperingati HUT RI yang Ke 77 pihaknya juga ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya para pemuda agar selalu aktif berkegiatan, demikian juga para lansia dan balita agar selalu peduli terhadap kesehatan.


"Rangkaian kegiatan HUT RI Ke 77 ini kita gelar lomba futsal antar pemuda di Desa Petahunan yang didukung oleh Pemdes Petahunan, karena selama ini pemuda disini tidak ada kegiatan langsung, jadi saya berharap dengan event ini mengharapkan kegiatan pemuda terus berjalan khususnya dari karang taruna Desa Petahunan," Ujar Sumarli.


"Dan khusus untuk hari ini yang saya adakan adalah lomba sehat balita, kenapa saya adakan lomba ini bahwa saya ingin memberikan edukasi bahwa kegiatan posyandu itu memang penting untuk masyarakat, jadi dengan diadakan lomba balita sehat ini masyarakat kedepannya tambah antusias untuk datang keposyandu," Imbuh Kades Petahunan 


Sementara itu, masih menurut Sumarli, untuk lansia selama ini dinilai kurang sentuhan dari Pemerintahan desa, maka pihaknya mengadakan senam lansia dan pengobatan gratis.


"Kami adakan senam lansia serta pengobatan gratis yang bekerja sama dengan Puskesmas Labruk Kidul untuk ngecek kesehatan lansia yang ada di Petahunan, jadi insyaAllah program - program ini akan terus dan terus meski bukan dalam event agustusan.. Semua ini semata - mata demi Masyarakat Petahunan yang Harmonis, Guyup Rukun dan Dinamis mengedepankan Gotong royong yang berkelanjutan,"Pungkas Orang Nomor satu di Desa Petahunan. (H)
Reactions