RS Djatiroto Luncurkan Klinik Fertilitas Indonesia yang Pertama di Lumajang

    Wakil Bupati Bunda Indah Saat            Melaunching Klinik Fertilitas                Indonesia RS Djatiroto

RAYA PUBLIK. COM
Lumajang - Wakil Bupati Lumajang  Indah Amperawati (Bunda Indah) melaunching Klinik Fertilitas Indonesia RS Djatiroto Lumajang , Bertempat di Hall Arjuna Hotel GM Lumajang , selasa (22/3/2022)

Klinik tersebut diharapkan bisa membantu memberikan informasi kepada masyarakat mengenai problem infertilitas (gangguan kesuburan).

Bunda Indah  dalam sambutannya menjelaskan bahwa, kasus Infertilitas atau gangguan kesuburan di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 4 juta kasus. 

Ketidakmampuan untuk hamil setelah lebih dari 1 tahun menikah, menjadi salah satu indikasi infertilitas yang perlu segera mendapatkan penanganan medis secara komprehensif.

"Menurut penelitian terbaru, infertilitas diakibatkan oleh banyak faktor yang berasal dari faktor pasangan pria maupun pasangan wanita, di mana pria memiliki andil sebesar 35 persen dari total kasus infertilitas dan sebesar 65 persen disebabkan oleh faktor dari pasangan Wanita", jelasnya 


Lebih lanjut Bunda Indah  menyampaikan, melihat kondisi tersebut, diperlukan suatu penanganan komprehesif untuk dapat menyelesaikan permasalahan infertilitas ini. 

Sementara di satu sisi yang lain, pelayanan terkait permasalahan infertilitas ini masih belum banyak menyentuh dan menjangkau warga masyarakat pada umumnya.

Selain itu, Ia juga berharap agar Klinik Fertilitas Indonesia RS Djatiroto ini ke depan bisa menjadi klinik penanganan infertilitas rujukan bagi warga masyarakat Kabupaten Lumajang dengan tetap mengedepankan kualitas dan pelayanan yang prima serta biaya yang Terjangkau. 

"Oleh karena itu, dengan dilaunchingnya Klinik Fertilitas Indonesia RS Djatiroto lumajang , saya menyambut dengan baik dan gembira sekaligus menaruh harapan agar warga masyarakat Kabupaten Lumajang dapat mengetahui informasi dan mendapatkan wawasan mengenai problem infertilitas, termasuk dalam menentukan program dan perencanaan kehamilan yang tepat," ujar Bunda indah. 

Sementara itu, Direktur RS Djatiroto dr. Retno dalam laporannya menjelaskan, bahwa adanya layanan Klinik Fertilitas Indonesia dalam pelayanan RS Djatiroto sekaligus sebagai perpanjangan dari layanan maternal neonatal terpadu yang telah menjadi layanan dasar di rumah sakit, sehingga diharapkan dapat mendukung dan memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua dan untuk semua usia.

"Kami berharap layanan ini memberikan dampak positif. Kami akan selalu berpartisipasi aktif mendukung seluruh program pemerintah beserta capaian yang harus diraih salah satunya dalam Sustainable Development Goal di 2030. Semoga sinergi ini memberikan manfaat pada masyarakat Lumajang," harapnya. (H)

Reactions