Gedung Baru Perpusda Lumajang Telah Rampung, Bernuansa Eksotik

Bupati dan Wakil Bupati Lumajang saat menikmati gedung baru Perpusda Lumajang yang Eksotik


RAYA PUBLIK. COM
Lumajang - Usai dilakukan renovasi Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Lumajang, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berharap agar bangunan tersebut memiliki manfaat positif untuk masyarakat Lumajang, khususnya bagi generasi muda. Menurutnya, melalui literasi akan timbul ide dan inovasi dalam mengembangkan pola pikir pribadi seseorang serta memajukan pembangunan Kabupaten Lumajang.

"Di gedung ini harus betul-betul produktif dan harus ada nilai tambah," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara Njagong Nyantai Bareng Tokoh Nasional Putra Lumajang, bertempat gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang, Senin (14/02/22) malam.

Selain itu, Bupati Lumajang menyampaikan bahwa dalam renovasi gedung ini, pihaknya tidak ingin menghilangkan struktur asli bangunan yang awalnya Gedung SMP Negeri 1 Lumajang. Hal itu bisa terlihat dari ornamen lama yang masih menghiasi bangunan tersebut, seperti lantai menggunakan tegel, jendela dan pintu dari kayu, hiasan lampu khas jaman dulu, banyak bentuk bangunan lama yang dipertahankan sehingga bangunannya terkesan heritage serta nampak apik.

"Kita kembalikan bangunannya sebagaimana SMP Negeri 1 semula, yang penampakan depannya kira-kira bisa mengembalikan memori banyak orang tetapi juga fungsionable," ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menambahkan bahwa selain dilihat dari sisi sejarah, Perpusda Lumajang juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang lainnya, supaya masyarakat bisa merasa nyaman saat berkunjung dan belajar.

"Di gedung Perpusda sekarang ada fasilitas coffe shopnya, sehingga orang berkunjung bisa kerasan atau betah saat belajar atau sharring ide," imbuhnya.

Mengingat pesatnya perkembangan modernisasi sekarang ini, yang membuat orang dan anak muda jarang mendatangi perpustakaan, Direktur Utama PT. Pos Indonesia, Rizal Rochmad Djoemadi menyampaikan, nilai arsitektur serta estetika sebuah bangunan perpustakaan perlu diperhatikan, agar banyak masyarakat mau berkunjung ke Perpusda Lumajang untuk menambah ilmu, wawasan dan pengalaman.

"Kalau gedung ini dibangun ceritanya dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya akan membuat orang tertarik," 

Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Apresiasi dengan rampungnya 100 persen  Pembangunan Perpustakaan Daearah yang bernuansa tempo dulu yang tidak mengubah nilai Historisnya.

Perlu di ketahui, bahwa pembangunan kontruksi Gedung Perpustakaan Daerah Bersumber dari dana DAK nilai Pagu 2.376.328.700,00 , Harga Penawaran 1.847.872.000,00.
 Pekerjaan Pembangunan Gedung Perpu di kerjakan Oleh CV MAKRAIS Dengan Alamat Jalan Ijen No 4 Lumajang . (H) 

Reactions