Mengenal Tanda Kepangkatan Polri, Jangan Sampai Keliru




RAYA PUBLIK.COM - Dalam kepolisian Republik Indonesia, terdapat tingkatan pangkat yang memiliki simbol tersendiri. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Tingkatan pangkat yang ada pada Polri dapat kita kenali dari tanda kepangkatan Polri.

Sejak 1 Januari 2001, tanda kepangkatan Polri dipisahkan dari TNI sehingga Polri menggunakan tanda kepangkatan sendiri. Tanda kepangkatan Polri disimbolkan dengan bintang, bunga sudut lima, balok, hingga segitiga.

Tanda kepangkatan Polri sendiri adalah tanda pangkat yang digunakan oleh Kepolisian Negara Indonesia, sebagaimana tanda kepangkatan lainnya. Jajaran kepangkatan Polri ini terdiri atas perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, dan tamtama.

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui apa saja tanda kepangkatan Polri ini. Untuk menambah wawasan Anda sekaligus untuk mengenal lebih dekat mengenai tanda kepangkatan Polri ini, berikut adalah tanda kepangkatan Polri beserta dengan penjelasannya, yang kami rangkum dari situs liputan6.com.

Perwira Tinggi

Tanda kepangkatan Polri yang pertama adalah Perwira Tinggi. Pada kepangkatan Perwira Tinggi ini, terdapat 4 tingkatan, yaitu Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, Inspektur Jenderal Polisi, dan Brigadir Jenderal Polisi.

Jenderal Polisi (Jenderal Pol.)

Jenderal Polisi menjadi tingkat tertinggi bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Jenderal pada militer.
Tanda pangkat polisi yang dipakai adalah empat bintang. Jenderal Polisi disandang oleh Kapolri atau Tri Brata 1 (TB 1).

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol.)

Komisaris Jenderal Polisi berada di bawah posisi Jenderal Polisi. Komjen Pol adalah tingkat ketiga bagi perwira tinggi Polri.
Pangkat ini setara dengan Letnan Jenderal pada Militer. Tanda pangkat polisi yang dipakai adalah tiga bintang.

Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

Inspektur Jenderal Polisi adalah tingkat kedua bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Mayor Jenderal pada Militer.
Tanda pangkat polisi kepangkatan yang dipakai adalah dua bintang. Jabatan Irjen Pol biasanya untuk jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di wilayah Polda dengan tipe A.

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen. Pol.)

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen. Pol.) adalah tingkat pertama bagi perwira tinggi Polri. Pangkat ini setara dengan Brigadir Jenderal pada militer.
Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu bintang. Untuk kepolisian jabatan Kapolda, Brigadir Jenderal Polisi biasanya memimpin Polda di wilayah tipe B atau memimpin sebuah direktorat/biro di tingkat Mabes Polri.

Perwira Menengah

Tanda kepangkatan Polri yang kedua yaitu Perwira Menengah. Terdapat 3 tingkatan yang ada pada Perwira Menengah, yaitu Komisaris Besar Polisi, Ajun Komisaris Besar Polisi, dan Komisaris Polisi.

Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.)

Komisaris Besar Polisi adalah tingkat ketiga perwira menengah Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga bunga sudut lima.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Ajun Komisaris Besar Polisi adalah tingkat kedua perwira menengah Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua bunga sudut lima.

Komisaris Polisi (Kompol)

Komisaris Polisi adalah perwira menengah tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu bunga sudut lima.

Perwira Pertama

Tanda kepangkatan Polri yang ketiga adalah Perwira Pertama. Terdapat 3 tingkatan yang ada pada Perwira Pertama, yaitu Ajun Komisaris Polisi, Inspektur Polisi Satu, dan Inspektur Polisi Dua.

Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Ajun Komisaris Polisi adalah perwira pertama tingkat tiga Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga balok berwarna emas.

Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Inspektur Polisi Satu adalah perwira pertama tingkat dua Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua balok berwarna emas.

Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Inspektur Polisi Dua adalah perwira pertama tingkat satu Polri. Taruna atau Siswa yang lulus dan selesai pendidikannya dari Akademi Kepolisian atau Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) akan mendapatkan pangkat ini. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu balok berwarna emas.

Bintara Tinggi

Tanda kepangkatan Polri yang keempat adalah Bintara Tinggi. Terdapat 2 tingkat yang ada pada jajaran Bintara Tinggi, yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu dan Ajun Inspektur Polisi Dua.

Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Ajun Inspektur Polisi Satu adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah segitiga yang terdiri dari dua segitiga bersambung dan berwarna perak.

Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Ajun Inspektur Polisi Dua adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga yang terdiri dari dua segitiga bersambung dan berwarna perak.

Bintara

Tanda kepangkatan Polri yang kelima yaitu Bintara. Jajaran pada Bintara adalah Brigadir Polisi Kepala, Brigadir Polisi, Brigadir Polisi Satu, dan Brigadir Polisi Dua.

Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah empat buah segitiga bersusun dan berwarna perak.

Brigadir Polisi (Brigpol)

Brigadir Polisi adalah pangkat yang berada di atas Brigadir Polisi Satu dan di bawah Brigadir Polisi Kepala. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga bersusun dan berwarna perak.

Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Brigadir Polisi Satu adalah pangkat di atas Brigadir Polisi Dua di bawah Brigadir Polisi. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah segitiga bersusun dan berwarna perak.

Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Brigadir Polisi Dua adalah Bintara tingkat satu di Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna perak.

Tamtama

Tanda kepangkatan Polri yang terakhir yaitu Tamtama. Pada pangkat Tamtama, ada enam tingkatan, yaitu Ajun Brigadir Polisi, Ajun Brigadir Polisi Satu, Ajun Brigadir Polisi Dua, Bhayangkara Kepala, Bhayangkara Satu, dan Bhayangkara Dua.

Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

Ajun Brigadir Polisi adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)

Ajun Brigadir Polisi Satu adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah segitiga berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

Ajun Brigadir Polisi Dua adalah Tamtama tingkat satu di Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna merah.

Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Bhayangkara Kepala adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah garis miring berwarna merah.

Bhayangkara Satu (Bharatu)

Bhayangkara Satu adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah garis miring berwarna merah.

Bhayangkara Dua (Bharada)

Bhayangkara Dua adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah garis miring berwarna merah. (****)
Reactions