ATOK Hasan Sanusi NAHKODAHI BAZNAS Kabupaten Lumajang

Prosesi Pelantikan BAZNAS Lumajang


RAYA PUBLIK.COM
Lumajang -- Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lumajang Periode 2021-2026, di Aula Panti PKK Kabupaten Lumajang, Selasa (20/4/2021).

Sesuai Surat Keputusan Bupati Lumajang Nomor 188.45/158/427.12/2021 terpilih Ketua dan Wakil Ketua Baznas Kabupaten Lumajang Tahun 2021-2026. Para pimpinan Baznas Kabupaten Lumajang yang baru dilantik tersebut yaitu:

Ketua -  H. Atok Hasan Sanusi S Sos
Wakil 1 - Drs Moh Khoyum MM
Wakil 2 - H. Pujuardi, SH
Wakil 3 - Drs H.M Nursahid MA
 
Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Lumajang yang baru saja dilantik, H. Atok Hasan Sanusi mengatakan, pihaknya akan segera menyusun rencana strategis selama lima tahun ke depan, mulai dari pelaksanaan pelaporan hingga target yang diharapkan dapat tercapai. Untuk itu, dirinya berharap adanya dukungan dan Support Dari Stakeholder dan semua pihak. 

"Kita diberikan amanah untuk mengelola dana umat, semoga kepengurusan kami ke depan bisa istiqomah dalam mengemban amanah yang dibebankan kepada kami,"Imbuh Atok

Meskipun Lumajang belum punya Perda Zakat, tapi Alhamdulillah perolehannya ngalah-ngalahi sing duwe perda. Kita masih empat besar ditingkat Jawa Timur, kita kalah dengan Gresik karena disana itu banyak BUMN. Nomor dua Tuban, sama banyak BUMN disana, Nomor Tiga Malang. Lumajang yang dikatakan lebih kecil dari Jember, lebih kecil dari kota-kota lain tapi mampu berada di empat besar perolehan zakatnya.

"Alhamdulillah di Lumajang Pak Bupati telah menerbitkan Instruksi Bupati Nomor 3  tahun 2019 Tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat," Ujar Atok Ketua Baznas yang baru saja dilantik

Bupati Lumajang Thoriqul Haq Mengatakan , Kita semua masih ingat, dulu kita awal-awal Pandemi Covid 19, hampir 1 miliar BAZNAS mengalokasikan untuk bantuan beras. Dan ada banyak program sinergitasnya dengan program-program pemerintah itu bersambung, misalnya program Sarjana untuk satu keluarga, misalnya program berbagai bantuan program beasiswa yang diberikan oleh BAZNAS kepada warga yang tidak mampu. Hari ini misalnya, begitu kondisi semua dalam melakukan pemilihan pasca gempa, BAZNAS melakukan adaptasi inovasi dengan mengalokasikan anggaran 400 juta untuk nanti kita siapkan sebagai anggaran pembangunan hunian layak sementara", jelas Thoriq.

"Pembangunan tersebut untuk warga yang terdampak pasca gempa, untuk supaya tempat tinggal yang layak dan lebih sehat. BAZNAS bukan saja lembaga mengumpulkan zakat, infak dan sodaqoh termasuk lembaga zakat yang lain, tidak hanya sekedar itu. Tapi punya progres, punya perencanaan, punya target seiring berjalannya waktu program yang harus kita sesuaikan berjalan bersama dengan kami pemerintah kabupaten Lumajang. Karena itu kami pemerintah kabupaten Lumajang akan terus memberikan support kepada BAZNAS dalam bentuk berbagai inovasi program yang nanti akan kami sinergikan dalam rentan waktu yang mendalam", pungkas Thoriq.

Turut hadir dalam pelantikan, Wakil Bupati Lumajang, Dandim 0821 Lumajang, Kapolres Lumajang, Danyon 527/BY, Wakil Ketua 2 dan Wakil Ketua 3 DPRD Kabupaten Lumajang, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Lumajang, Ketua PCNU dan MUI Kabupaten Lumajang, serta jajaran Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang. (H)


 

 
Reactions