Dua Sekolah di Lumajang Raih Adiwiyata

IMG

Lumajang, rayapublik.com - Tahun 2020, dua sekolah di wilayah perbatasan Kabupaten Lumajang telah dinobatkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Jawa Timur Tahun 2020 oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim.

“Jadi, beberapa waktu lalu kami menerima Surat Keputusan dari Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim Nomor : 660/26491/111.5/2020, yang menyebutkan bahwa SMP Negeri 1 Ranuyoso dan SMP Negeri 1 Jatiroto dinobatkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Jawa Timur Tahun 2020,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati pada Senin (14/12/2020).

Yuli Haris juga mengatakan, bahwa penobatan Adiwiyata diberikan, karena dua sekolah tersebut telah dinilai sukses oleh Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim dalam menerapkan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

Lanjut dia, kini Adiwiyata menjadi sebuah Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS). Hal tersebut sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 52 Tahun 2019, yang merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Menurutnya, pencapaian itu tentunya juga tidak lepas dari kerja sama dan koordinasi yang baik antar Perangkat Daerah, baik dengan Dinas Pendidikan (Dindik) kabupaten/kota, Kementerian Agama, maupun Dindik provinsi.

“Dalam implementasinya, kami (DLH Lumajang, red) juga menggandeng para tenaga pendidik/guru yang berhasil membawa lembaganya mencapai sekolah Adiwiyata ke tingkat provinsi, Nasional, maupun mandiri untuk menjadi mentor dan 'menggetoktularkan' ilmunya ke sekolah/madrasah lain,” ujar dia.

Yuli berharap, agar generasi yang dibentuk dari sekolah - sekolah Adiwiyata ini ke depannya dapat membawa perubahan dan aksi lingkungan, baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya, serta semakin banyak sekolah/madrasah yang secara sukarela berkeinginan untuk menerapkan gerakan PBLHS/program Adiwiyata di lingkungan sekolahnya. (h)

Reactions